Aku senantiasa memandang kepada Tuhan karena Ia berdiri di sebelah kananku, aku tidak goyah

Kissah Para Rasul 2: 25 - 28

Sebab Daud berkata tentang Dia:
Aku senantiasa memandang kepada Tuhan karena Ia berdiri di sebelah kananku, aku tidak goyah. Sebab itu, hatiku bersukacita dan jiwaku bersorak-sorak bahkan tubuhku akan diam dengan tentram, sebab Engkau
tidak menyerahkan aku ke dunia orang mati dan tidak membiarkan orang kudus-Mu melihat kebinasaan. Engkau memberitahukan kepadaku, jalan kehidupan. Engkau akan melimpahi aku dengan sukacita di hadapan-Mu.

Renungan singkat :

Saudaraku yang terkasih dalam Yesus Kristus.

Daud adalah seorang nabi yang diurapi Tuhan. Tuhan memilih Daud menjadi Nabi untuk menyampaikan nubuat tentang rencana Allah akan keselamatan bagi umat manusia yang telah jatuh ke dalam dosa. Tuhan telah berjanji kepadanya dengan mengangkat sumpah, bahwa Ia akan mendudukkan seorang dari keturunan Daud sendiri di atas tahtanya. Karena itu, ia telah melihat ke depan dan telah berbicara tentang kebangkitan Mesias, ketika ia mengatakan bahwa, "Dia tidak ditinggalkan dalam dunia orang mati dan bahwa daging-Nya tidak akan mengalami kebinasaan." Daud sudah bernubuat tentang Yesus sebelum Yesus lahir ke dunia.

Karena iman, maka Daud dipimpin oleh Roh Tuhan. Daud berkata tentang Yesus : "Aku senantiasa memandang kepada Tuhan karena Ia berdiri di sebelah kananku, aku tidak goyah. Sebab itu, hatiku bersukacita dan jiwaku bersorak-sorak bahkan tubuhku akan diam dengan tentram, sebab Engkau tidak menyerahkan aku ke dunia orang mati dan tidak membiarkan orang kudus-Mu melihat kebinasaan. Engkau memberitahukan kepadaku, jalan kehidupan. Engkau akan melimpahi aku dengan sukacita di hadapan-Mu."

Saudaraku yang diberkati Tuhan Yesus.

Daud  memberikan contoh dan teladan iman bagi kita semua untuk selalu memandang kepada Tuhan dalam segala langkah kita. Kita percaya akan kehadiran Tuhan yang selalu berdiri di sebelah kanan kita ketika kita berada dalam pergumulan hidup kita, sehingga kita tidak goyah. Jika kita tidak goyah, maka Tuhan akan memberikan sukacita, kegembiaran, dan ketentraman. Tuhan menjauhkan kita dari jalan kegelapan sehingga kita tidak masuk ke dunia orang mati tetapi kita akan masuk ke dunia kehidupan yang kekal.

Ada banyak orang di antara kita yang sering goyah menghadapi godaan dunia ini karena tidak memandang kepada Tuhan sebelum bertindak. Mereka hanya memandang kepada harta benda dan manusia akibatnya iman mereka goyah. Untuk mereka yang goyah imannya, hidup mereka akan mengalami dukacita, kesedihan, kegalauan, pertengkaran, perselisihan, ketidakjujuran. Tuhan akan menyerahkan mereka ke dunia orang mati dan membiarkan mereka menuju dunia kebinasaan karena Tuhan tidak melimpahi mereka dengan sukacita.

Berbahagailah kita yang telah mengenal Allah yang benar di dalam nama Tuhan Yesus. Tuhan Yesus telah membukakan jalan keselamatan bagi kita semua sehingga kita tidak menuju kepada dunia orang mati, sebaliknya kita akan menuju kepada dunia kehidupan di hadapan Allah Bapa di surga. Alleluyah. Amin.

Syallom.