Tuhan membuat segala sesuatu indah pada waktunya

Amsal 3 : 10 - 15

Aku telah melihat pekerjaan yang diberikan Allah kepada anak-anak manusia untuk melelahkan dirinya. Ia membuat segala sesuatu indah pada waktunya, bahkan Ia memberikan kekekalan dalam hati mereka.
Tetapi manusia tidak dapat menyelami pekerjaan yang dilakukan Allah dari awal sampai akhir. Aku tahu bahwa untuk mereka tak ada yang lebih baik dari pada bersuka-suka dan menikmati kesenangan dalam hidup mereka.

Dan bahwa setiap orang dapat makan, minum dan menikmati kesenangan dalam segala jerih payahnya, itu juga adalah pemberian Allah. Aku tahu bahwa segala sesuatu yang dilakukan Allah akan tetap ada untuk selamanya; itu tak dapat ditambah dan tak dapat dikurangi; Allah berbuat demikian, supaya manusia takut akan Dia. Yang sekarang ada dulu sudah ada, dan yang akan ada sudah lama ada; dan Allah mencari yang sudah lalu.

Renungan Singkat.

Salam sejahtera dalam Kasih Tuhan.
Tuhan membuat segala sesuatu indah pada waktunya.  Firman Tuhan ini selalu dikutip banyak orang sebagai ayat hafalan dengan tujuan untuk menambah kekuatan imannya kepada Tuhan. Namun ada sebagian orang yang hanya menggunakan sebagai semboyan dalam hidupnya.

Kelompok yang mau menambah kekuatan imannya akan selalu  mengingat dan mengakui bahwa apapun yang terjadi dalam hidupnya adalah rencana Tuhan. Karena ia mengakui bahwa rencana Tuhan itu indah.  Rencana Tuhan itu tidak sama dengan rencana manusia. Oleh karena itu, ketika memulai rencananya, mereka selalu berdoa semoga Tuhan hadir dan turut bekerja dalam melaksanakan rencananya. Mereka sadar bahwa mereka tidak akan mampu memahami dan menyelami pekerjaan Tuhan dalam hidupnya. Kadang mengalami banyak cobaan dan kegagalan. Karena imannya kuat, maka mereka tidak akan menyerah karena selalu mengandalkan pertolongan Tuhan. Mereka percaya bahwa Tuhan pasti menolongnya untuk meraih impiannya.

Kemudian kelompok yang hanya menggunakan firman Tuhan sebagai semboyan, akan selalu ragu akan kehadiran Tuhan dalam rencana hidup mereka. Mereka berpikir bahwa Tuhan itu akan datang seperti seorang manusia untuk menolongnya. Dia menggunakan akal manusianya, bukan akal rohanninya, akibatnya mereka selalu ragu, kuatir dan tidak tenang dalam hidupnya. Bahkan sering menyalahkan Tuhan. Ketika ada godaan datang, mereka tidak mampu menolaknya karena imannya sangat lemah.

Saudaraku dalam Yesus Kristus.
Firman Tuhan adalah pelita bagi langkah hidup kita untuk berjalan dalam kegelapan di dunia ini.  Dunia ini menjadi gelap karena adanya godaan dunia yang begitu banyak di sepanjang jalan hidup kita. Karena itu, gunakanlah Firman Tuhan sebagai pedoman dan pelita dalam perjalanan kehidupan kita. Gunakan Firman Tuhan sebagai kekuatan iman, bukan sebagai semboyan. Karena iman tanpa perbuatan adalah mati. Kita percaya bahwa Tuhan itu adalah zat yang tak kelihatan di seluruh muka bumi ini. Karena itu, segala perbuatan kita terbuka untuk Tuhan. Percayalah bahwa Tuhan pasti membuat hidup kita menjadi indah.

Berbahagilah kita yang merenungkan firman Tuhan, karena Roh Allah turut bekerja dalam setiap langkah hidup kita sekalian. Alleluya, Amin.

Syalom. Semoga kasih dan damai sejahtera dari Yesus Kristus senantiasa hadir dalam kehidupan kita semua. Amin.