Mengapa kita harus mengucap syukur kepada Tuhan?

Firman Tuhan mengatakan "Mengucap syukurlah dalam segala hal".  Kita sering mengucapkan kata itu, namun kadang kita tidak melakukannya dalam tindakan yang nyata. Ucapan syukur tidak hanya sekedar kata-kata tetapi yang penting adalah sikap dan perilaku kita selalu menampilkan rasa "ucapan syukur" itu kepada Tuhan lewat orang lain.


Ketika saya mengalami masalah, ada seorang ibu bertanya pada saya, kok santai saja menghadapi masalahnya. Jika saya punya masalah seperti anda, saya kadang menangis dan emosi. Lalu saya bertanya balik kepadanya, mengapa ibu bisa bersikap seperti itu. Lalu dia menjawab, saya tambah pusing karena masalahnya tidak bisa saya selesaikan dan tidak ada orang di rumah  yang mau mengerti saya. Oh gitu. jawab saya.

Kemudian saya duduk dan menjawab pertanyaan ibu tadi kepada saya. Bu, ketika saya punya masalah, saya selalu melihat masalah itu sebagai berkat Tuhan. Melalui masalah yang saya alami, Tuhan menegur saya bahkan membuka jalan bagi saya untuk menjadi orang yang lebih baik. Apa yang tidak saya ketahui, saya bisa ketahui karena adanya masalanya tersebut. 

Ketika saya mengalami kekurangan uang, saya percaya bahwa Tuhan punya cara untuk memberi uang kepada saya. Banyak hal yang tidak saya ketahui tetapi melalui berbagai macam masalah yang saya alami, Tuhan menggerakkan saya untuk mencari solusi atas permasalahan tersebut. Karena itu, dalam berbagai masalah yang kita hadapi sebaiknya kita mengundang Roh Tuhan datang ke dalam hati dan pikiran kita. Tuhan tidak akan membiarkan kita anaknya menjadi susah. Tetapi sebaliknya Tuhan sayang kepada kita. 

Masalah apapun yang terjadi, Tuhan hadir di sana sebagai penolong yang sejati bagi kita. Tuhan mau berbicara kepada kita lewat masalah yang kita hadapi. Jika kita menghindar dari Tuhan, maka masalah yang kita hadapi akan menjadi beban pikiran bagi kita. Sebaliknya jika kita datang berserah kepada Tuhan, maka masalah kita akan menjadi berkat. Kita akan melihat bahwa masalah itu sebagai anugerah Tuhan. Karena itu kita dapat mengucap syukur dalam berbagai macam masalah.

Kemudian ibu menjawab, saya sudah mencoba tapi tidak bisa. Kalau ibu sudah mencoba dan tidak bisa merasakan rasa syukur, berarti ibu masih melihat masalah itu dari sisi duniawi saja. Kita perlu melihat masalah itu dari sisi rohani. Apa yang akan terjadi di depan kita semuanya adalah kehendak dan rencana Tuhan. Kita tidak tahu tetapi Tuhan tahu semuanya itu. Karena itu, kita perlu dekat dengan Tuhan agar Dia menuntun jalan hidup kita menurut kehendaknya.

Bagaikan seorang polisi, ketika terjadi kemacetan pada jarak 1 km dari posisi kita maka pak polisi akan mengarahkan kita menuju jalan yang lain karena dia sudah tahu masalah yang akan kita hadapi di depan. Jika berjalan tanpa pak polisi, maka kita akan mengalami masalah kemacetan yang membuat kita menjadi stress di jalan.

Begitu besarnya kasih Tuhan kepada kita jika kita mau berserah dan dekat kepadaNya. Karena itu, Tuhan mengajarkan kepada kita semua agar selalu mengucap syukur dalam segala hal, baik senang, susah, sakit, tidak punya uang, banyak utang, dan sebagainya semua itu adalah cara Tuhan menuntun hidup kita agar kita mau berubah, mau bertobat, mau mengasihi, mau menolong dan masih banyak "mau" lain menurut kehendak Tuhan.

Semoga renungan ini, memberi kekuatan iman bagi saya dan anda yang selalu rindu akan kasih Tuhan. Syalom. Tuhan Yeses memberkati kita sekalian. Amin