Kutuk Tuhan Kepada Manusia Yang Melanggar Perintah Tuhan (Ul 28: 15 - 26)

Jika engkau tidak mendengarkan suara Tuhan, Allahmu, dan tidak melakukan dengan setia segala perintah dan ketetapan-Nya yang kusampaikan pada hari ini, maka segala kutuk ini akan sampai kepadamu dan mencapai engkau :

Terkutuklah engkau di kota dan diberkatilah engkau di ladang.
Terkutuklah buah kandunganmu, hasil bumimu dan hasil ternakmu
Terkutuklah bakulmu dan tempat adonanmu
Terkutuklah engkau pada waktu masuk dan Terkutuklah engkau pada waktu keluar

Tuhan akan mendatangkan kutuk, huru hara, dan penghajaran ke antaramu  dalam segala yang kau kerjakan, sampai engkau punah dan binasa dengana segera karena jahat perbuatanmu, sebab engkau telah meninggalkan Aku.

Tuhan akan melekatkan penyakit sampar kepadamu, sampai dihabiskannya engkau dari tanah  ke mana engkau pergi untuk mendudukinya. Tuhan akan menghajar engkau dengan batuk kering, demam, demam kepialu, sakit radang, kekeringan, hama, dan penyakit gandum; semuanya itu akan memburu engkau sampai engkau binasa.

Juga langit di atas kepalamu akan menjadi tembaga dan tanah di bawah kakimu akan menjadi besi. Tuhan akan menurunkan hujan abu dan debu ke atas negerimu, dari langit akan turun semuanya ke atasmu, sampai engkau punah. Tuhan akan membiarkan engkau terpukul kalah oleh musuhmu. Bersatu jalan engkau keluar menyerang mereka, tetapi bertujuh jalan engkau akan lari dari depan mereka, sehingga engkau menjadi kengerian bagi segala kerajaan di bumi.

Mayatmu akan menjadi makanan segala burung di udara serta binatang-binatang di bumi dengan tidak ada yang mengganggunya.

Segala kutuk itu akan datang ke atasmu, memburu engkau dan mencapai engkau, sampai engkau punah, karena engkau tidak mendengarkan suara TUHAN, Allahmu dan tidak berpegang pada perintah dan ketetapann yang diperintahkannya kepadamu. Semuanya itu akan menjadi tanda dan mujizat di antaramu dan di antara keturunanmu untuk selamanya.