Hanya Allah Satu-satunya Penolong Bagi Manusia

Mazmur 146 : 3 - 10

Janganlah percaya kepada para bangsawan, kepada anak manusia yang tidak dapat memberikan keselamatan. Apabila nyawanya melayang, ia kembali ke tanah; pada hari itu juga lenyaplah maksud-maksudnya. Berbahagialah orang yang mempunyai Allah Yakub sebagai penolong, yang harapannya pada TUHAN,
Allahnya: Dia yang menjadikan langit dan bumi, laut dan segala isinya; yang tetap setia untuk selama-lamanya, yang menegakkan keadilan untuk orang-orang yang diperas, yang memberi roti kepada orang-orang yang lapar. TUHAN membebaskan orang-orang yang terkurung, TUHAN membuka mata orang-orang buta, TUHAN menegakkan orang yang tertunduk, TUHAN mengasihi orang-orang benar. TUHAN menjaga orang-orang asing, anak yatim dan janda ditegakkan-Nya kembali, tetapi jalan orang fasik dibengkokkan-Nya. TUHAN itu Raja untuk selama-lamanya, Allahmu, ya Sion, turun-temurun! Haleluya!

Renungan :




Salam sejahterah dalam Kasih Yesus Kristus.

Tuhan mengatakan kepada kita semua bahwa "Janganlah percaya kepada para bangsawan, kepada anak manusia yang tidak dapat memberikan keselamatan. Apabila nyawanya melayang, ia kembali ke tanah; pada hari itu juga lenyaplah maksud-maksudnya". Firman Allah ini sangat penting sebagai pedoman bagi kehidupan kita semua. Sebab ada banyak orang di jaman sekarang ini yang hidupnya terlalu percaya kepada manusia daripada percaya kepada Tuhan. 

Ketika kita berhadapan dengan berbagai macam masalah kehidupan, ada banyak orang di antaranya kita yang lari kepada manusia untuk mencari pertolongan dan melupakan Allah pencipta yang hidup sebagai penolongnya. Misalnya ketika ingin sembuh dari sakit, ketika mencari kerja, ketika ingin naik pangkat, ketika ingin sukses, dan sebagainya, begitu banyak orang yang lari kepada dukun, paranormal, dokter, pejabat, bahkan ke pergi gunung dan pohon-pohon besar untuk meminta pertolongan. Semua itu adalah usaha yang sia-sia, karena apabila nyawanya melayang, ia kembali ke tanah; pada hari itu juga lenyaplah maksud-maksudnya.

Sadarkah kita bahwa ketika kita melupakan Tuhan dalam setiap masalah kehidupan, kita akan semakin gelisah dan kuatir akan keselamatan hidup kita?  Mengapa? Karena di luar Allah, kita akan dikuasai oleh kuasa iblis. Hidup kita akan tergoda dengan berbagai macam godaan duniawi yang membuat kita ingin cepat sembuh, cepat sukses, cepat kaya, cepat naik pangkat, dan sebagainya. Jika kita jatuh karena godaan itu, maka iblis akan menguasai hidup kita dan apa yang kita lakukan dan dapatkan akan selalu membawa ketidakbahagiaan dalam hidup kita. Sekalipun anda memiliki segala harta duniawi, hidup anda akan jauh dari kebahagiaan. Karena iblis datang ke dalam hidup anda untuk membawa ketidakbahagiaan itu.

Fiman Allah berkata, "Berbahagialah orang yang mempunyai Allah Yakub sebagai penolong, yang harapannya pada TUHAN, Allahnya: Dia yang menjadikan langit dan bumi, laut dan segala isinya; yang tetap setia untuk selama-lamanya, yang menegakkan keadilan untuk orang-orang yang diperas, yang memberi roti kepada orang-orang yang lapar.

Allah akan menolong setiap orang yang setia kepada-Nya. Dalam masalah apapun. Dialah Tuhan pencipta langit dan bumi dan segala isinya. Takutlah kepada Allah, bukan kepada manusia. Sebab Allah adalah Raja untuk selama-lamanya. Dia mengasihi orang yang benar, Dialah yang menjaga anak yatim dan janda, Dialah yang memberi makanan kepada orang yang lapar. Dialah yang menyembuhkan orang sakit. Tuhanlah satu-satunya penolong bagi manusia. Percaya dan berharaplah kepada-Nya dengan iman teguh agar kita semua dapat menerima kebahagian yang dijanjikan kepada setiap orang yang percaya. Alleluya, Amin.

Berbahagialah kita semua yang telah menerima Allah yang menjadikan langit dan bumi, laut dan segala isinya sebagai penolong dalam setiap masalah kehidupan. Berserahlah kepada Dia, maka Ia akan memberkati hidup anda. Amin.


Syalom. Allah yang hidup dalam nama Yesus memberkati kita sekalian.