Orang yang baik mengeluarkan barang yang baik dari hatinya

Lukas 6: 43 - 45

Karena tidak ada pohon yang baik yang mengeluarkan buah yang tidak baik  dan juga, tidak ada pohon yang tidak baik menghasilkan buah yang baik.  Sebab setiap pohon dikenal dari buahnya.


Orang yang baik mengeluarkan apa yang baik dari perbendaharaan hatinya yang baik. Dan orang yang jahat mengeluarkan barang yang jahat dari perbendaharaan hatinya yang jahat. Karena apa yang diucapkan mulutnya meluap dari hatinya.

Renungan Singkat :

Saudaraku di dalam kasih Tuhan.

Firman Tuhan adalah bagaikan penerang dalam perjalanan kegelapan kehidupan kita  di dunia yang fana ini. Firman Tuhan menerangi hati setiap orang yang percaya kepada Yesus sehingga hati kita menjadi terang, tenang, damai, dan suka cita. Ketika hati kita telah menerima terang Kristus, maka sikap dan perbuatan kita akan membawa kebaikan bagi semua orang di sekitar kita.

Yesus berkata kepada kita semua, "Orang yang baik mengeluarkan apa yang baik dari perbendaharaan hatinya yang baik. Dan orang yang jahat mengeluarkan barang yang jahat dari perbendaharaan hatinya yang jahat. Karena apa yang diucapkan mulutnya meluap dari hatinya." 

Dalam pergaulan kita sehari-hari, begitu banyak orang di sekitar kita yang kata-katanya penuh dengan tipu daya, kotor, dan sebagainya. Kata-katanya penuh dengan gosip bahkan banyak orang yang lebih suka mendengarkan atau menonton berita-berita gosip daripada berita-berita yang mengajarkan kebenaran Allah. Itu berarti bahwa orang-orang yang demikian memiliki hati yang tidak baik. Ketika kita hati masih gelap, maka kehidupan kita akan nampak penuh dengan tutur kata dan perbuatan yang tidak baik.

Setiap orang yang mengeluarkan kata;kata yang baik dari mulutnya, memiliki hati yang baik.  Setiap orang yang jujur dalam kata-katanya dan memiliki perbuatan yang baik dan tidak merugikan orang lain adalah orang memiliki hati yang baik. Seperti sebuah pohon yang baik, pasti menghasilkan buah yang baik.

Marilah kita membersihkan hati kita dari segala macam godaan dunia ini agar sikap dan tindakan kita selalu  menjadi sumber kegembiraan dan suka cita bagi orang lain di sekitar kita. Berbahagialah kita yang mendengar firman Tuhan dan tekun melakukannya. Alleluyah. Amin

Syallom
Tuhan Yesus Memberkati. Amin