Celakalah orang yang menyesatkan murid Yesus

Injil Lukas 17: 1 - 6

Yesus berkata kepada murid-murid-Nya: "Tidak mungkin tidak akan ada penyesatan, tetapi celakalah orang yang mengadakannya. Adalah lebih baik baginya jika sebuah batu kilangan diikatkan pada lehernya, lalu ia dilemparkan ke dalam laut, dari pada menyesatkan salah satu dari orang-orang yang lemah ini.
Jagalah dirimu! Jikalau saudaramu berbuat dosa, tegorlah dia, dan jikalau ia menyesal, ampunilah dia. Bahkan jikalau ia berbuat dosa terhadap engkau tujuh kali sehari dan tujuh kali ia kembali kepadamu dan berkata: Aku menyesal, engkau harus mengampuni dia." lalu kata rasul-rasul itu kepada Tuhan: "Tambahkanlah iman kami!" Jawab Tuhan: "Kalau sekiranya kamu mempunyai iman sebesar biji sesawi saja, kamu dapat berkata kepada pohon ara ini: Terbantunlah engkau dan tertanamlah di dalam laut, dan ia akan taat kepadamu."

Renungan :

Salam sejahtera dalam kasih Yesus Kristus.
Saudaraku dalam Yesus Kristus.  Yesus, juru selamat kita telah mengatakan bahwa penyesatan pasti ada, sebelum hal  itu terjadi dalam kehidupan kita. Yesus meminta agar kita selalu menjaga diri, menguatkan iman agar kita selalu berjalan pada jalan kebenaran sesuai dengan ajaran Yesus Kristus. 

Di jaman moderen ini, banyak di antara kita yang telah berjalan di jalan yang sesat. Kehidupan manusia sudah dicemari oleh berbagai macam godaan duniawi. Godaan yang paling banyak adalah uang, wanita, dan tahta (jabatan) . Ketiga godaan ini membuat banyak orang menyimpang dari jalan Tuhan dan mereka berjalan di jalan yang gelap. Mereka lebih suka berjalan di jalan yang gelap dan sesat karena terbuai oleh nikmatnya harta duniawi yang mereka dapatkan.

Saudaraku dalam Yesus. Ada beberapa orang yang meninggalkan  Yesus  karena uang, wanita dan jabatan. Mereka adalah gambaran Yudas jaman sekarang. Sama seperti Yudas yang telah menjual Yesus demi untuk memenuhi keinginan duniawi. Ada yang karena hanya seorang wanita, mereka berani melepaskan imannya akan Yesus, dan melepaskan keselamatan kekal yang Yesus telah sediakan bagi mereka. Ada juga yang karena uang dan jabatan, ingin naik pangkat akhirnya mereka melepaskan janji keselamatan kekal yang telah Yesus sediakan bagi mereka. Dalam sejarah dunia, hanya Yesus sebagai tokoh sejarah yang berani memberi janji keselamatan kekal bagi manusia. Selain itu, tidak ada seorang tokoh sejarah pun yang dapat menyamai Yesus. Karena itu, Yesus sebagai tokoh sejarah dunia dan nabi sangat terkenal dan menjadi kontroversial bagi dunia.

Mengapa Yesus menjadi tokoh yang disegani dan sekaligus kontroversial? Karena Yesus adalah seorang nabi yang dijanjikan Tuhan. Yesus lahir karena kuasa Roh Tuhan, seperti yang tertulis dalam Kitab Suci Alkitab dan Alquran. Karena itu, kehidupan Yesus adalah kehidupan yang dikuasai oleh Roh Tuhan yang suci (Roh Kudus), bukan oleh kehidupan duniawi yang penuh nafsu duniawi. Karena itu, Yesus mengajarkan agar semua manusia kembali kepada jalan Tuhan dengan saling mengasihi dan takut kepada Tuhan.

Yesus mengajarkan agar saling mengampuni, sekalipun orang itu sering kali berbuat salah kepada kita dengan berkata, "Jikalau saudaramu berbuat dosa, tegorlah dia, dan jikalau ia menyesal, ampunilah dia. Bahkan jikalau ia berbuat dosa terhadap engkau tujuh kali sehari dan tujuh kali ia kembali kepadamu dan berkata: Aku menyesal, engkau harus mengampuni dia". Ajaran yang sangat gampang tetapi sulit dilakukan oleh manusia yang tidak menerima Yesus sebagai juru selamatnya. Karena itu banyak orang menolak Yesus karena ajaran yang sulit diterima oleh pikiran manusia dan menolak ajaran-Nya. Lalu menreka menempuh jalan yang sesat. Mereka berteriak kepada Tuhan sambil melakukan perbuatan yang bertentangan dengan ajaran Tuhan.

Karena itu, Yesus katakan "Tidak mungkin tidak ada penyesatan". Tetapi celakalah orang yang melakukannya. Sama seperti Yudas yang menjual Yesus, hidupnya berakhir dengan bunuh diri di tanah yang dibeli dengan hasil penjualan Yesus.

Karena itu, jangan senang dengan jalan sesat yang anda nikmati di dunia ini. Hidup di dunia ini hanya bersifat sementara. Setelah itu, semua orang akan dihakimi dan diadili oleh Yesus untuk masuk ke dalam Kerajaan Allah. Kunci Kerajaan Allah ada di tangan Yesus. Dialah juru selamat manusia. Sebab semua manusia adalah ciptaan Allah, tanpa melihat latar belakang mereka. Dialah yang dipilih dan diutus Tuhan ke dalam Dunia untuk memberitakan Firman kebenaran dari Tuhan. Barang siapa bertelinga, hendaklah mendengarkan ajaran Yesus. Barang tidak mau mendengarkan, mereka akan celaka dan tidak berhak menerima kehidupan kekal di hadapan Tuhan.

Berbahagialah saudara sekalian yang telah berpegang teguh dengan iman yang kokoh untuk menerima Keselamatan kekal dalam nama Yesus. Tidak ada seorang pun akan masuk ke dalam Kerajaan Allah jika tidak melalui Yesus. Sebab kunci kerajaan Allah ada di tangan-Nya. Alleluya. Amin.