Hendaklah Kamu Saling Mengaku Dosamu dan Saling Mendoakan Supaya Kamu Sembuh

Bacaan Firman : Yakobus 5: 14 - 18

Kalau ada seorang di antara kamu yang sakit, baiklah ia memanggil penatua jemaat supaya ia mendoakan dia serta mengolesnya dengan minyak dalam nama Tuhan. Doa yang lahir dari iman akan menyelamatkan orang sakit itu dan Tuhan akan membangunkan dia  dan jika ia telah berbuat dosa maka dosanya itu akan diampuni.

Karena itu, hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan supaya kamu sembuh. Doa orang yang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya. Elia adalah manusia biasa sama seperti kita dan ia telah bersungguh-sungguh berdoa supaya hujan jangan turun, dan hujanpun tidak turun di bumi selama 3 tahun 6 bulan. Lalu ia berdoa pula, maka langit menurunkan hujan dan bumi pun mengeluarkan buahnya.

Renungan Singkat :

Saudaraku yang diberkati Allah Bapa di surga.

Jika kita berbuat dosa atau berbuat salah kepada orang lain, sering kali kita tidak mau mengakui dosa dan salah kita. Akibatnya terjadi perselisihan, pertengkaran, marah, dendam, iri hati, dan dengki, dan lain sebagainya. Peristiwa ini akan membuat hati kita tidak tenang dan tidak damai. Biasanya kita gelisah, tidak bisa tidur kalau kita merasa bersalah. Misalnya seorang anak mencuri uang orang tuanya. Ketika uang itu dicari, maka pasti anak yang mencuri akan merasa takut. Namun setelah anak itu mengakui dan minta maaf bahwa dia yang mengambil uang orang tuanya, maka ia akan merasa legah dan tenang, sekalipun dia telah dimarahi. 

Kita sadar bahwa kita semua manusia adalah orang yang berdosa. Karena itu, kita perlu seorang penyelamat yang akan membebaskan kita dari dosa. Firman Tuhan mengajarkan kepada kita semua agar kita selalu saling mengaku dosa dan saling mendoakan. Dengan saling mengaku dosa dan saling mendoakan maka kita akan sembuh. Sembuh dari rasa takut, sembuh dari rasa tidak tenang, dll. Mengakui dosa atau kesalahan kita kepada orang lain akan membuat hati kita legah dan tenang. 

Demikian juga, ketika ada saudara kita yang sakit,  maka kita diminta untuk mendoakan dia dan mengolesi dengan minyak dalam nama Tuhan. Jika kita doakan dengan penuh iman, maka penyakitnya akan disembuhkan dan dosanya akan diampuni oleh Tuhan.

Berbahagialah kita semua yang telah diselamatkan Tuhan. Kita telah dinasehati agar selalu saling mengaku dosa dan saling mendoakan agar kita selalu berada dalam kehidupan yang penuh kasih dan damai Tuhan. Alleluyah. Amin


Syallom
Tuhan Yesus Memberkati kita semua. Amin